Selasa, 19 April 2011

Menggunakan Referensi Absolut dan Relatif

Referensi Absolut

Selalu menunjuk ke sel yang terletak pada lokasi yang tetap. Apabila posisi sel yang berisi formula berubah, posisi referensi sel tidak akan berubah. sehingga akan dihasilkan hasil yang sama. Misalnya, kita ingin menjumlahkan sel A3 dan A4 secara absolute pada sel B3. Maka, pada formula bar ketikkan =$A$3+$A$4. Kemudian, apabila sel B3 disalin dan ditaruh disel lain, maka hasilnya akan sama dengan sel B3.

Referensi Relatif

Referensi relative berbeda dengan referensi absolute. Apabila referensi sel disalin maka referensi relative akan berubah sesuai dengan posisinya. Sehingga, hasil yang ditampilkan akan berbeda, sesuai dengan referensinya. Sebagai contoh, apabila kita ketikkan =A3+A4 maka hasinya akan sesuai dengan letak sel.

Referensi Semi Absolut

Merupakan gabungan antara referensi absolute dan relative. Contohnya, bila kita mengetikkan =A$4, maka referensi absolutnya terletak pada kolom A dan referensi relatifnya terletak pada baris 4. atau =$A4 maka referensi absolutnya terletak pada baris 4 dan referensi relatifnya terletak pada kolom A.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar