Senin, 28 Maret 2011

Fungsi-Fungsi Dalam Ms. Excel

=SUM(…)
Fungsinya           : Untuk melakukan penjumlahan
Bentuk umum     : =SUM(range sel)
Contoh                : Misalkan  kita  akan  menjumlahkan  dari sel H5 sampai sel
  H15
Penulisan           : =SUM(H5:H15)


=COUNT(…)
Fungsinya           : Untuk melakukan counter
Bentuk umum     : =COUNT(range sel)
Contoh                : Misalkan  kita   akan   menghitung   jumlah  pegawai   yang     
  berada di sel B5 sampai sel B15
Penulisan           : =COUNT(B5:B15)

=MAX(…)
Fungsinya           : Untuk mencari nilai maksimum (terbesar)
Bentuk umum     : =MAX(range sel)
Contoh                : Misalkan kita ingin  menetukan nilai terbesar dari sederetan
  sel yang berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan           : =MAX(F1:F17)

=MIN(…)
Fungsinya          : Untuk mencari nilai minimum (terkecil)
Bentuk umum    : =MIN(range sel)
Contoh               : Misalkan kita ingin  menentukan nilai terkecil dari sederetan
  sel yang berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan          : =MIN(F1:F17)

=AVERAGE(…)
Fungsinya          : Untuk mencari nilai rata-rata
Bentuk umum    : =AVERAGE (range sel)
Contoh               : Misalkan  kita  ingin  mengetahui nilai rata-rata dari sel A11
  sampai A17
Penulisan          :=AVERAGE(A11:A17)

=ABS(…)
Fungsinya         : Untuk  mengubah   angka-angka   yang   ada  dalam  daftar
  argumennya menjadi bilangan mutlak (absolut)
Bentuk umum   : =ABS(range sel)
Contoh              : Misalkan  kita  bermaksud  mengetahui  secara  mutlak dari
  sel yang kita aktifkan, misal di sel F17
Penulisan         : =ABS(F17)

=SQRT(…)
Fungsinya        : Untuk  menghitung  akar  dari  bilangan X. Bilangan X tidak
  boleh negatif
Bentuk umum : =SQRT(range sel)
Penulisan        : = SQRT(25)          5

=IF(…;…;…)
Fungsinya       : Untuk  mengecek  apakah  nilai  yang kita gunakan sebagai
  kunci benar atau salah (memenuhi syarat atau tidak)
Bentuk umum : =IF(logical_test ; Value_if_true ; Value_if_false)
Contoh            : Misalkan  kita akan  membandingkan nilai di suatu sel yang
berada  di  sel  F17,  tentang kriteria siswa dinyatakan lulus
  atau gagal dengan ketentuan sbb.
  Jika  nilai   rata-rata  siswa  lebih  besar  sama  dengan  60,
  maka siswa dinyatakan LULUS, dan sebaliknya.
Penulisan      : =IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”)
  artinya  jika kolom  F17 lebih besar sama dengan 60, maka
  LULUS, jika kurang dari 60, maka GAGAL
Keterangan :
Jika kondisi di sel F17 terpenuhi, maak kerjakan Value_if_true, jika kondisi di sel F17 tidak terpenuhi, maka kerjakan Value_if_false

=DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya           : Untuk menghitung jumlah hari
Contoh                : =DATE(73,8,11) à 26887 hari

=VLOOKUP
Fungsinya       : Untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal
Bentuk umum : =VLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num;
  Range_lookup)

=HLOOKUP
Fungsinya       : Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal
Bentuk umum : =HLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num;
  Range_lookup)

=LEFT(…;…)
Fungsinya      : Untuk   mengambil   teks   sejumlah  karakter  tertentu  dari
  sebuah kiri
Bentuk umum : =LEFT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh            : Misal  kita  akan  mengambil  karakter  yang  ada di sel F17
  (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan       : =LEFT(F17;3) à hasilnya Feb

=RIGHT(…;…)
Fungsinya       : Untuk   mengambil   teks   sejumlah  karakter  tertentu  dari
                                      sebuah kanan
Bentuk umum : =RIGHT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh            : Misal  kita  akan  mengambil  karakter  yang  ada di sel F17
  (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan       : =RIGHT(F17;3) à hasilnya ari

=MID(…;…;…)
Fungsinya      : Untuk   mengambil  teks  dari  kedudukan  tertentu  dengan
  sejumlah karakter tertentu
Bentuk umum : =MID(teks; start_number; number_char)
Contoh            : Misal  kita  akan  mengambil  karakter  baru yang ada di sel
  F17 (Februari)
Penulisan       : =MID(F17:3:3)

Sejarah Microsoft Excel

Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel.


Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi “Microsoft Excel” dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft.


Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya.

Keunggulan Microsoft Excel

Microsoft excel merupakan suatu software yang digunakan untuk membuat tabel.
Dalam software ini juga kita dapat menggunakan rumus-rumus guna menjumlahkan,mengurangi, mencari nilai rata2, mencari nilai max ataupun min, menampilkan persyaratan suatu kondisi secara langsung tanpa harus menuliskan nya satu persatu...

Mempercepat perkerjaan kita terutama bila kita seorang akuntan...

Hal ini dikarenakan dalam software ini kita tidak lagi perlu menggunakan kalkulator dan apa bila kita melakukan kesalahan dalam suatu perhitungan akuntansi kita dapat memperbaikinya dengan sangat mudah tanpa harus mengubah semua data yang ada…
karena rumus yang digunakan dalam software ini bersifat otomatis (rumus selalu mengarah pada sel) jadi bila kita mengubah isi satu sel saja maka hasil dari semua sel akan ikut berganti apabila sel-sel tersebut mengandung rumus yang berkaitan dengan rumus sel yang diganti tadi…

Jdi kita tidak perlu repot2 untuk menggantinya satu persatu...

Itulah keunggulan Microsoft Excel menurut saya ...